Musrenbang Cabangbungin Targetkan 70 Persen Usulan Pembangunan 2025 Terealisasi


Cabangbungin, chakra.id -  Keterlibatan dan partisipasi masyarakat Kecamatan Cabangbungin dalam proses perencanaan pembangunan di wilayahnya sangat tinggi, karena berkaca pada realisasi usulan sebelumnya yang mencapai angka 60 persen. 

Hal tersebut dikatakan oleh Camat Cabangbungin, Asep Buchori, saat membuka acara Musrenbang Kecamatan Cabangbungin, di Gedung PGRI, Jl. Tapak Serang Cabangbungin, pada Selasa (23/01/2024). 

Asep Buchori mengatakan, beberapa usulan pembangunan yang terealisasi dari Musrenbang sebelumnya, yakni pembebasan tanah tanggul Desa Lenggah Jaya, pembangunan Jalan Garon, Desa Jayalaksana sampai Desa Sindang Sari sepanjang 3 kilometer dan pembangunan ruang kelas SMPN 1 Cabangbungin. 

"Realisasi dari usulan Musrenbang kami tahun lalu mencapai 60 persen, diantaranya pembangunan infrastuktur jalan, perbaikan ruang kelas SMP dan SD, dan juga pembebasan lahan tanggul untuk pencegahan banjir," jelas Asep Buchori.

Dirinya menambahkan, untuk tahun ini usulan perencana pembangunan di kecamatan dengan jumlah penduduk 60.324 jiwa yang tersebar di 8 desa tersebut, lebih mengutamakan usulan program pertanian. 

"Sekitar 80 persen penduduk Cabangbungin itu petani, untuk itu kami dorong sebanyak 60 persen usulan rencana program pembangunan tahun ini ke bidang tersebut," tambahnya.

Berkaca pada pencapaian usulan Musrenbang sebelumnya, Asep Buchori optimistis realisasi usulan tahun ini dapat melebihi pencapaian tahun lalu. Karena usulan dari Musrenbangdes di wilayahnya, telah memenuhi indikator kelayakan, dan beberapa usulan tersebut sudah ada yang telah ter-input ke Sistem Informasi Perencanaan daerah (SIPD).

"Kami optimistis usulan-usulan rencana pembangun Kecamatan Cabangbungin akan melebihi pencapaian tahun lalu, dan 70 persen target pencapaian adalah angka realistis yang kami harapkan", tandasnya .

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama