Nikmatnya Cicipi Makanan Gohyong Dipadu Nasi Goreng Bumbu Rempah


Jakarta, chakra.id -  gohyong merupakan Kuliner lawas yang kembali menjadi trending jajanan rasa gurih dengan isian daging dicelupkan saus atau sambal tauco buat nagih dilidah.

Siapa sangka, gohyong yang di padu bersama nasi goreng bumbu rempah makan food street sederhana ini merupakan salah satu favorit warga , Jakarta Pusat.

Pada tahun 1988 gohyong di campur dengan nasi goreng bumbu rempah menjadi favorit food street.

Ya, kuliner kaki lima ini selalu diburu pelanggan bahkan sebelum mereka siap buka. Antrean pelanggan yang sudah tak sabar pengin menikmati gohyong dan ayam malaya pun tampak mengular.


Hmm, apa sebenarnya gohyong itu?

Makanan gohyong punya kemiripan dengan sajian Rolade. menurut penjelasan Riyanto (36) anak dari generasi ketiga chef yang menemukan kepada Bahana Rakyat.com

"gohyong itu terdiri dari bakso dan ayam dicincang, lalu digulung kaya Rolade. Kemudian dipotong-dipotong dan digoreng. Disajikannya dengan kuah saus mentega," jelasnya saat ditemui Jumat (19/1/2024).

Lebih lanjut, Riyanto mengatakan bahwa usahanya dibangun oleh sang bapak sejak 1985 dan menempati lokasi yang sama.

Hingga kini ia pun masih meneruskan dan melestarikan resep gohyong asli dari sang ayah.

"Ini sudah dari zaman bapak saya. Resep asli bapak," ungkap Riyanto.

Usai berbincang dengan Riyanto pesanan makanan saya pun datang.

Enggak perlu menunggu lama, Riyanto dan rekan-rekannya sudah mempersiapkan gohyong dalam jumlah banyak.

Sehingga ketika pelanggan memesan, mereka tinggal menggoreng serta menuangkan saus mentega.

Oiya, saya juga memesan nasi gila dan ayam malaya yang turut menjadi menu favorit di jalan Lombok Menteng Jakarta Pusat. Namun, lantaran sudah terbawa penasaran saya langsung memilih gohyong sebagai makanan pertama yang disantap.


Potongan gohyongnya terlihat besar dan tebal. Luarnya garing dan dalamnya lembut. Kendati cincangan bakso serta nya masih terasa saat dikunyah. Cecapan gurih berpadu apik dengan saus mentega cair yang agak manis.

Untuk menambah rasa ada irisan cabai rawit hijau, pas sekali buat saya yang suka makanan pedas. Jadi makin berselera saat menyantapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama