Lanal Bintan Selenggarakan Upacara Peringatan HUT TNI AL KE-79 Tahun 2024



Chakra.id, TNI AL, Bintan. - Lanal Bintan selenggarakan Upacara dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut Ke-79 Tahun 2024. Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., dengan Komandan Upacara Lettu Laut (K) dr. Ringga Aldafio dan peserta upacara terdiri dari Prajurit Lanal Bintan, Prajurit Satrol Lantamal IV, Prajurit Satkat Koarmada I, Prajurit Satran Koarmada I, Prajurit Fasharkan Mentigi, dan Satdik I Tanjung Uban, bertempat di Lapangan Hang Tuah Mako Lanal Bintan, Jalan Kesatrian, Tanjung Uban, Bintan, Selasa (10/09/2024).

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh inspektur upacara bahwa upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar diatas KRI produksi dalam negeri. Sehingga saya menilai tema hari jadi tahun ini adalah tepat, yakni ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”. Momentum bersejarah ini melambangkan tranformasi organisasi TNI Angkatan Laut menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

Kita juga patut bersyukur bahwa ditengah berbagai situasi yang sulit ini, TNI Angkatan Laut selalu hadir dan mampu menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah dalam berbagai misi perdamaian dunia, penanggulangan bencana alam, dan khususnya mobilisasi laut untuk misi mulia pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Ada beberapa penekanan pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI Angkatan Laut ini sebagai berikut, Pertama, Bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas. Kedua, Jadilah TNI yang PRIMA dan TNI AL yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global. Ketiga, Jaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista laut yang dimiliki. Keempat, Lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Laut yang berwawasan internasional. Kelima, Pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri dan Kementerian/Lembaga lain berbasis Saptamarga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga menghimbau kepada prajurit Lanal Bintan untuk selalu siap dan ikhlas dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, agar kita dapat memberikan kemampuan yang terbaik yang kita miliki kepada TNI Angkatan Laut. Sebagai Komandan Lanal Bintan, saya juga mengajak agar seluruh prajurit Lanal Bintan dapat meneladani apa yang diperbuat oleh para pendahulu kita dalam membangun TNI Angkatan Laut yang moderen dan Profesional.

(Pen Lanal Bintan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama